Home > Info, Islam > Hukum Seorang Muslim Memasuki Gereja

Hukum Seorang Muslim Memasuki Gereja

Assalamu’alaikum wr wb…

Alhamdulillah.. pada hari minggu yang cerah ini, kebetulan tadi saya lagi ngorek ilmunya mbah Google dan kebetulan disitu ada artikel yang cukup menarik, yaitu bagaimana Hukumnya seorang Muslim masuk ke dalam gereja.

Hukum dasar seorang muslim masuk ke gereja adalah mubah atau boleh. Namun bila di dalamnya sedang diadakan upacara keagamaan, maka kita diharamkan hadir di dalamnya. Meski pun ada juga yang tidak mengharamkannya.Namun para fuqoha berbeda pendapat tentang hukum seorang muslim memasuki gereja.

1. Yang Memakruhkan

Ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menyatakan bahawa makruh hukumnya seorang muslim memasuki gereja atau tempat ibadah orang kafir.Sebab tempat tersebut merupakan tempat berkumpulnya syaitan bukan kerana seorang muslim tidak mempunyai hak untuk memasukinya.

2. Yang Membolehkan

Para ulama di kalangan mazhab Malikiyah dan Hanabilah serta sebagian ulama Syafi’iyah berpendapat bahawa seorang muslim diperbolehkan memasuki gereja atau tempat ibadah orang kafir lainnya. Tapi sebahagian yang lainnya mensyaratkan harus ada izin dari mereka yang menggunakan tempat tersebut. Oleh karena itu hukum memasuki gereja seperti halnya untuk menghadiri perkawinan atau bertugas melakukan pekerjaan tertentu, bukanlah sesuatu yang diharamkan. Asalkan selama orang muslim tersebut tidak melaksanakan hal-hal yang bertentangan dengan aturan-aturan agama. Meskipun demikian, sebaiknya dia tidak melakukannya (masuk ke gereja) kecuali jika perlu dan mendesak.

3. Yang Mengharamkan

Seorang muslim tidak boleh menemui orang kafir di tempat-tempat ibadah mereka karena banyaknya keburukan mereka. Hal ini didasarkan hadits yang diriwayatkan al-Baihaqi dengan isnad shahih dari Umar radliyallah ‘anhu, beliau berkata:

وَلاَ تَدْخُلُوْا عَلَى الْمُشْرِكِيْنَ فِي كَنَائِسِهِمْ وَمَعَابِدِهِمْ فَإِنَّ السُّخْطَةَ تَنْـزِلُ عَلَيْهِمْ

“Janganlah kalian masuk menemui orang-orang musyrikin  di gereja-gereja dan tempat-tempat ibadah mereka, karena kemurkaan (Allah) turun kepada mereka.” (HR. Al-Baihaqi)

Sumber : http://cahayahatiku-lyafrina.blogspot.com/

About these ads
Categories: Info, Islam Tags: ,
  1. 26 September 2010 at 3:33 pm | #1

    Hoo begindang…
    Saiia sendiri pernah masuk ke gedung di komplek gereja gitu karena emang ada undangan pernikahan.. ikut-ikutan aja karena emang diundang dan yang lainnya juga pada masuk.. hehe
    Salam! :D

  2. 27 September 2010 at 12:34 pm | #3

    Kalo jawaban Pak Quaraisy Shihab mungkin “selama tidak merusak akidah, tidak apa-apa”. :D

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: